Bagaimana Cara Mengajarkan Hal Positif Pada Anak – ESQ Training | Lembaga Pelatihan SDM Terbaik di Indonesia

Bagaimana Cara Mengajarkan Hal Positif Pada Anak

Memberi Saat Rugi, Kisah Inspiratif, Kisah Motivasi, Cerita Inspirasi
Kisah Inspiratif: Mampukah Anda Tetap Bersedekah Di Saat Bisnis Mengalami Kebangkrutan
June 19, 2017
Tips Tepat Atasi Anak-Anak yang Rewel ketika Mudik Lebaran
June 20, 2017

Bagaimana Cara Mengajarkan Hal Positif Pada Anak

Cara-Mengajarkan-Hal-Positif-Pada-Anak,-Tips-Parenting,-Cara-Mengajar-Anak

B unda dan Ayah, sebagai orangtua, kita seringkali mengalami kesulitan ketika harus mengajarkan hal-hal baik pada anak. Karena biasanya, pada masa-masa pertumbuhan, anak belum mengerti apa maksud dari apa yang kita ajarkan.

Misalnya saja, melarang anak-anak untuk bermain gadget. Seringkali anak kita berontak dan menangis ketika dilarang main gadget. Padahal, banyak hal lain yang bisa dilakukan anak selain memegang gadget.

Seperti kisah singkat berikut ini. Ada seorang anak perempuan senang menceritakan dongeng-dongeng yang dikisahkan oleh ayahnya pada setiap bada sholat Subuh kepada teman-teman di sekoalhnya. Karena sang ayah mempunyai kebiasaan untuk bercerita kepada anaknya usai sholat subuh. Kebiasaan itu berlangsung selama bertahun-tahun sehingga sang anak sangat antusias dan tak pernah bosan untuk mendengarkan ayahnya bercerita.

Setiap kali anak perempuan itu mendapat cerita baru dari ayahnya, iya langsung menceritakan kembali kisahnya kepada teman-teman sekolahnya. Jika sang anak tidak bercerita, maka teman-temannya akan menanyakan “Hari ini ayahmu bercertia apa?” Kalau ia tak punya cerita, teman-temannya pun kecewa..

Sampai pada suatu hari, teman-temannya tertarik untuk menginap di rumah anak tersebut karena ingin mendengarkan langsung cerita dari sang ayah. Mereka bangun sebelum sholat subuh, sholat berjamaah kemudian disambung dengan mendengarkan cerita dari sang ayah.

Terkadang, orangtua bingung untuk mencari cara terbaik agar dapat menarik hati anak untuk membiasakan melakukan hal-hal positif. Menyuruh, melarang apalagi marah rasanya tidak cukup efektif untuk membuat mereka patuh.

Lalu, apa biasanya yang Bunda dan Ayah lakukan untuk membujuk anak untuk melakukan hal-hal positif?

Boleh Bunda dan Ayah share di kolom komentar, agar orangtua lainnya pun bisa mencontoh sikap baik Bunda dan Ayah dalam mendidik anak.


Dapatkan tulisan-tulisan yang menginspirasi dari ESQ 165 Great Family Series dengan like halaman facebook https://www.facebook.com/ESQGreatFamilySeries/

Dapatkan Tips, kisah yang penuh inspirasi dan motivasi seputar wanita di Blog ESQ

Informasi dan pendaftaran Training ESQ untuk Keluarga silahkan kunjungi ESQ 165 Great Family Series

Anda Ingin segera meraih pencapaian tertinggi dalam hidup Anda?
Dapatkan Informasi Training, Tips Menarik dan Artikel Inspiratif dari ESQ 165 melalui email Anda

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *